Sabtu, 13 Agustus 2016 - 23:35:56 WIB
Dosen Prodi Pendidikan Sejarah adakan Pengabdian kepada Masyarakat
Diposting oleh : Kian Amboro
Kategori: PENDIDIKAN SEJARAH - Dibaca: 382 kali

Kota Metro -- Sabtu (13/08) Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro adakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat secara bersamaan. Dua kegiatan ini merupakan kegiatan yang direncanakan oleh kedua pihak sebagai bentuk usaha meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah dan memasyarakatkan sejarah kepada generasi muda. Pihak Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang mengundang MGMP Sejarah Kota Metro, sedangkan Himpunan Mahasiswa Sejarah (HIMAS) menyelenggarakan Lawatan Sejarah bertema "Menyusuri Jejak Sejarah Kota Metro."

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh pihak dosen bertema "Sosialisasi Pemanfaatan Ruang Sejarah (History Room) sebagai Media Pembelajaran". Kian Amboro, yang merupakan Ketua Pengabdian dalam kegiatan ini mengungkapkan "sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru sejarah di Kota Metro yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah, dan tujuan dari sosialisasi ini adalah pertama memberikan pemahaman kepada guru-guru sejarah tentang perlunya berbagai upaya mengemas pembelajaran sejarah semenarik mungkin, dan salah satunya memanfaatkan ruang sejarah, dan tujuan kedua adalah merekatkan komunikasi antara pihak akademisi yang dalam hal ini dosen, dengan pihak praktisi yang dalam hal ini guru-guru sejarah."

"Saya masih ingat dengan jelas pesan Bapak Rektor (Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd.) bahwa perguruan tinggi tidak boleh menjadi menara gading, perguruan tinggi adalah garda terdepan perkembangan ilmu pengetahuan, dan kemajuan ilmu pengetahuan itu mestilah diperuntukkan bagi kemashalatan umat. Dari itu dapat dipahami dosen tidak boleh hidup dan berkembang dalam dunia teoritis idealis, kenyataan di lapangan sering terjadi kesenjangan dari apa yang diharapkan dari idealisme, dan Bapak/Ibu guru di sekolah adalah pihak yang paling berpengalaman dengan kondisi di lapangan. Oleh karenanya, komunikasi baik dan intensif antara kedua pihak ini perlu terus dilakukan agar tujuan pendidikan sejarah dapat tercapai" tambah Kian.

Acara yang diselenggarakan dalam satu hari ini mendapat respon positif dari guru-guru sejarah di Kota Metro. "Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini, terutama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Metro yang telah mendanai kegiatan ini melalui skim OPR Pengabdian, Dekan FKIP yang telah memberikan izin berlangsungnya tempat kegiatan pengabdian, Prodi Pendidikan Sejarah, Laboratorium Pendidikan Sejarah, dan tentunya Bapak/Ibu guru anggota MGMP Sejarah Kota Metro" ujar ketua kegiatan yang juga merupakan salah satu dosen di Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro ini.

Kegiatan sosialisasi berlangsung dalam tiga sesi, sesi pertama pemaparan materi Pemanfaatan Ruang Sejarah sebagai Media Pembelajaran, sesi kedua Brainstorming kendala dalam pemanfaatan, dan sesi ketiga Rencana Tindak Lanjut. Joko Purwanto, M.Pd. selaku Ketua MGMP Sejarah Kota Metro mengungkapkan "kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, banyak informasi-informasi yang diperoleh dari kegiatan ini, kami berharap kami dapat terus dilibatkan dalam acara dan pertemuan seperti ini." Salah satu peserta mengungkapkan respon senada "kami seperti dapat semangat baru dalam membelajarkan sejarah untuk anak-anak" ujar Dra. Siti Erlina (Guru Sejarah SMAN 1 Metro).

Kesepakatan yang dicapai dari sesi rencana tindak lanjut adalah pertemuan dan forum komunikasi kedua pihak ini akan terus dilakukan, dan nantinya akan diperkuat dengan kesepakatan kerjasama.

 

(kian amboro)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)