Senin, 17 Oktober 2016 - 12:41:48 WIB
PENDIDIKAN SEJARAH UM METRO GELAR STUDY OBJEK SEJARAH (SOS) KE PALAS PASEMAH DAN BENTENG CEMARA (RAD
Diposting oleh :
Kategori: PENDIDIKAN SEJARAH - Dibaca: 27462 kali

Kota Metro – Sabtu (15/10), Historia Magistra Vitae. Setelah dilakukan musyawarah dalam beberapa waktu, akhirnya Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Metro dapat kembali menggelar SOS (Study Objek Sejarah), SOS kali ini akan Napak Tilas di Peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Prasati Palas Pasemah) dan Makam Raden Intan II di Kabupaten Lampung Selatan, Acara Ini termasuk dalam Prokja HIMAS (Himpunan Mahasiswa Sejarah) dan juga sudah menjadi agenda tahunan untuk pendidikan sejarah UM METRO, Ukar Noviansyah selaku ketua Umum HIMAS, menunjuk Febri Adi Wdodo sebagai ketua pelaksana acara ini.

Dalam SOS yang diikuti oleh Semester 1, 3 dan 5 ini berangkat dengan menggunakan 1 buah Bus. Febri selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini menjelaskan "Acara Ini sangatlah bermanfaat untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, karena kita sebagai para calon pendidik harus mengetahui letak dan sejarah dari kedua peninggalan yang ada di Lampung Selatan, khususnya Prasasti Palas Pasemah dan Makan Raden Intan II dan SOS ini juga dapat mengajarkan kita untuk selalu menjaga, melestarikan, dan senantiasa mencintai peninggalan yang sangat berharga dari para pendahulu".

Palas Pasemah adalah sebuah Desa di kecamatan Palas Lamung Selatan dimana ditemukan batu bertulisan huruf Palawa berbahasa Sansekerta. Batu Tulis yang disinyalir sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang berisi tentang kutukan bagi para penguasa (Datuk) yang telah diangkat oleh raja Sriwijaya apabila mereka memberontak atau berkhianat kepada pemerintahan Sriwijaya.

Sedangkan komplek makam Raden Intan II adalam basis perlawanan Raden Intan II dalam menghadapi Belanda. di Komplek ini terdapat Benteng Cempaka sebagai perlindungan dari Serangan Musuh. disini pula Raden Intan II dikebumikan.   

SOS yang dilaksanakan kali ini tidak hanya fokus untuk napak tilas di Prasati Palas Paseman dan Makam Raden Intan 2 saja, namun ada kegiatan lain, yaitu acara MAKRAB atau Masa Keakraban, karena acara ini diikuti oleh Mahasiswa pendidikan sejarah Semester 1, 3, dan 5, oleh karena itu pentinglah jika semester 3 dan 5 memberikan pengenalan terhadap semester 1. Agenda ini diadakan di pantai Merak Belatung di Lampung Selatan dengan berbagai macam acara, mulai dari pengenalan organisasi, struktur organisasi dan juga berbagai macam game, mulai dari tebak gambar, tebak gerak dan iyel iyel dengan tema kesejarahan, panitia pun sudah menyiapakn dooprize untuk para pemenang lomba.dan alhamdulillah akhirnya acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai rencana.
Antusiasme peserta sendiri cukup luar biasa mengingat ini kegiatan perdana bagi Mahasiswa Semester 1. “Acara ini sangatlah bermanfaat bagi kami, karena kami dari semester 1 tidak menyangka bahwa belajar sejarah itu menyenangkan, kebanyakan dari siswa malas dengan pelajaran Sejarah karena hanya mendengarkan guru ceramah didepan kelas dan itu sangat membosankan, padahal tidak demikian, belajar sejarah itu sangat mengasyikan, karena selain kita bisa belajar dikelas dan di laboratorium sejarah, kita juga bisa langsung mengunjungi objek sejarah sebagai bentuk pengamatan langsung dari kejadian dimasa lalu, dan acara makrab ini juga sangat baik sekali karena dapat mempererat tali persaudaraan antar semester” ujar Bilowo Setya Nugraha yang merupakan salah satu peserta acara SOS.

Pihak dosen yang ikut mendampingi dalam acra SOS sekaligus Makrab tersebutpun sangat memberikan apresiasi kepada Seluruh Panitia dan peserta dan memberikan banyak motivasi kepada Semua Mahasiswa agar selalu menjaga solidaritas dan kekompakan dari prodi pendidikan sejarah dan tak lupa juga dalam sambutannya Ketua Prodi Pendidikan Sejarah Kuswono M.Pd mengatakan agar Mahasiswa dapat menjaga nama baik Universitas Muhammadiyah Metro dan Almamater Pendidikan Sejarah dimanapun berada.
Sekian *Salam dari kami Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Metro, Solusi Suskes Masa Depan.

(Ukar Noviansyah, Editor by Redaktur P. sejarah)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)