Kriteria 1 Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
Visi Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro)
“Pusat Keunggulan Profetik Profesional, Modern dan Mencerahkan”
Definisi Istilah:
- Pusat keunggulan profetik profesional adalah sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia yang profetik profesional (berupaya memiliki sifat shiddiq, amanah, fatonah dan tabligh dalam menjalankan profesinya);
- Profetik Profesional adalah manusia yang selalu berupaya untuk memiliki sifat kenabian yang meliputi shiddiq, amanah, fatonah dan tabligh dan diwujudkan dengan kesalehan individual dan kesalehan sosial dengan menjadi pelopor perubahan masyarakat ke arah perbaikan dalam menjalankan profesi sesuai keahliannya;
- Modern adalah cara berpikir, bersikap, dan bertindak sesuai perkembangan atau melintasi zaman;
- Mencerahkan adalah suatu upaya untuk menyebarkan dan memposisikan Islam sebagai ajaran, sistem nilai, dan sebagai panduan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak.
Visi FKIP UM Metro
”Pusat Keunggulan Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yang Profetik Profesional, Modern dan Mencerahkan Tahun 2025”.
Definisi Istilah:
- Pusat keunggulan bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang profetik professional adalah sebagai pusat pengembangan sumber daya kependidikan yang profetik profesional (berupaya memiliki sifat shiddiq, amanah, fatonah dan tablig dalam menjalankan profesinya);
- Modern adalah cara berpikir, bersikap, dan bertindak sesuai perkembangan zaman bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
- Mencerahkan adalah suatu upaya untuk menyebarkan dan memposisikan Islam sebagai ajaran, sistem nilai, dan sebagai panduan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak dalam mengimplementasikan bidang keguruan dan ilmu pendidikan.
VISI Program Studi Pendidikan Sejarah
“Pendidikan Sejarah yang berlandaskan karakter Islami mencerahkan, adaptif, inovatif, dan berwawasan kebangsaan pada tahun 2025”
Definisi istilah:
- Karakter Islami: Menjadikan Allah sebagai tujuan; Memperhatikan perkembangan akal rasional; Memperhatikan perkembangan emosional; Praktik melalui keteladanan dan pembiasaan; Memperhatikan pemenuhan kebutuhan hidup; dan Menempatkan nilai sebagai prioritas.
- Adaptif: Pendidikan sejarah yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan ipteks dan kontekstual.
- Inovatif: Kemampuan dalam mendayagunakan segala potensi, dan kompetensi untuk menghasilkan sesuatu (ide/gagasan, tindakan/perilaku, dan karya) yang baru.
- Mencerahkan: Upaya memberi petunjuk, memberi teladan, menyebarkan kebaikan sebagai bentuk dakwah amar ma’ruf nahi munkar, serta menjadikan sejarah sebagai pembelajaran untuk kehidupan yang lebih baik.
- Berwawasan Kebangsaan: Sebuah cara pandang yang mengutamakan persatuan dan kesatuan sebuah bangsa yang menghargai kebhinekaan dengan berlandaskan Pancasila sebagai darul ahdi wa syahadah.
Misi Program Studi Pendidikan Sejarah
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sejarah berlandaskan karakter Islami, adaptif terhadap perubahan dan kemajuan, serta berwawasan kebangsaan.
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan sejarah yang inovatif, mencerahkan, berwawasan kebangsaan.
- Melaksanakan pengabdian masyarakat yang mencerahkan, meningkatkan wawasan kebangsaan.
- Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kompetensi dan keilmuan pendidikan Sejarah yang mencerahkan.
- Menjalin kerjasama yang intensif baik lokal, regional, nasional maupun internasional
Tujuan
- Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran sejarah berlandaskan karakter Islami, adaptif terhadap perubahan dan kemajuan, serta berwawasan kebangsaan;
- Terselenggaranya penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan sejarah yang inovatif, mencerahkan, berwawasan kebangsaan;
- terlaksananya pengabdian masyarakat yang mampu mencerahkan, meningkatkan wawasan kebangsaan;
- Terintegrasinya nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kompetensi dan keilmuan pendidikan Sejarah yang mencerahkan;
- Program studi pendidikan sejarah menjalin kerjasama yang intensif baik lokal, regional, nasional maupun internasional.
Profil Lulusan Prodi Pendidikan Sejarah
Profil |
Deskripsi Profil |
Calon Pendidik Sejarah |
Memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran sejarah serta pembimbingan dalam mencapai tujuan pembelajaran sejarah. (merujuk pada definisi Pendidik dalam UU No. 20 Tahun 2003 dan definisi Guru dalam UU No. 14 Tahun 2005) |
Peneliti Pemula Pendidikan Sejarah |
memiliki kompetensi dalam membantu merencanakan penelitian, membantu atau melakukan kegiatan penelitian sendiri di bawah bimbingan, dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Sejarah. (Rujukan : Deskripsi Jenjang Jabatan Peneliti, setara Asisten Peneliti Muda/IIIa) |
Praktisi Wisata Kesejarahan (Historipreneurship) |
Pelaksana dalam dunia industri kepariwisataan khususnya wisata sejarah, yang menguasai pengetahuan tentang obyek-obyek wisata sejarah baik secara umum ataupun khusus (obyek wisata sejarah di Lampung) serta terampil dalam memimpin dan mengelola perjalanan wisata sejarah. |
Kebijakan