VISI DAN MISI
Diposting tanggal: 07 Maret 2016

VISI

"Pendidikan Sejarah yang berlandaskan karakter Islami mencerahkan, adaptif, inovatif, dan berwawasan kebangsaan pada tahun 2025”.

Definisi istilah:

  • Karakter Islami: Menjadikan Allah sebagai tujuan; Memperhatikan perkembangan akal rasional; Memperhatikan perkembangan emosional; Praktik melalui keteladanan dan pembiasaan; Memperhatikan pemenuhan kebutuhan hidup; dan Menempatkan nilai sebagai prioritas.
  • Adaptif: Pendidikan sejarah yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan ipteks dan kontekstual.
  • Inovatif: Kemampuan dalam mendayagunakan segala potensi, dan kompetensi untuk menghasilkan sesuatu (ide/gagasan, tindakan/perilaku, dan karya) yang baru.
  • Mencerahkan: Upaya memberi petunjuk, memberi teladan, menyebarkan kebaikan sebagai bentuk dakwah amar ma’ruf nahi munkar, serta menjadikan sejarah sebagai pembelajaran untuk kehidupan yang lebih baik.
  • Berwawasan Kebangsaan: Sebuah cara pandang yang mengutamakan persatuan dan kesatuan sebuah bangsa yang menghargai kebhinekaan dengan berlandaskan Pancasila sebagai darul ahdi wa syahadah.

 Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sejarah berlandaskan karakter Islami, adaptif terhadap perubahan dan kemajuan, serta berwawasan kebangsaan.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan sejarah yang inovatif, mencerahkan, berwawasan kebangsaan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang mencerahkan, meningkatkan wawasan kebangsaan.
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kompetensi dan keilmuan pendidikan Sejarah yang mencerahkan.
  5. Menjalin kerjasama yang intensif baik lokal, regional, nasional maupun internasional

Tujuan

  1. Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran sejarah berlandaskan karakter Islami, adaptif terhadap perubahan dan kemajuan, serta berwawasan kebangsaan;
  2. Terselenggaranya penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan sejarah yang inovatif, mencerahkan, berwawasan kebangsaan;
  3. terlaksananya pengabdian masyarakat yang mampu mencerahkan, meningkatkan wawasan kebangsaan;
  4. Terintegrasinya nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kompetensi dan keilmuan pendidikan Sejarah yang mencerahkan;
  5. Program studi pendidikan sejarah menjalin kerjasama yang intensif baik lokal, regional, nasional maupun internasional.